082341000300 lombok mandalikatour@gmail.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login

Menonton Kecantikan dan Filosofi Gerakan Tari Tandang Mendet Khas Suku Sasak

Berapa tarian asli Indonesia yang sudah kamu tonton atau kamu pelajari? Di setiap pelosok negara Indonesia kamu akan menemui tarian-tarian yang berbeda. Saking banyaknya tarian Indonesia, tentu tidak bisa kamu pelajari semuanya. Namun, kamu bisa untuk menontonnya dan mengangguminya. Nah, jika kamu sedang berwisata di Lombok atau memang tinggal di Lombok. Ada salah satu tarian yang harus kamu lihat. Namanya tarian tandang mendet.

Jika kamu ingin belajar atau sekedar menonton tarian tandang mendet, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu asal dan sejarah mengenai tarian ini, hal tersebut sudah dibahas di artikel sebelumnya. Kamu bisa klik di sini untuk membacanya.

Tarian penuh makna ini memiliki gerakan yang bisa dibagi menjadi dua gerak tari yaitu tari penambung yang memiliki maksud melepaskan doa-doa atau mantra-mantra untuk memperingati makhluk-makhluk yang ada di lingkungan tanah sembalun. Kemudian tarian kedua adalah tarian tombak yang dilakukan oleh prajurit yang gagah pemberani.

Dalam gerak tari tersebut, kamu perlu tahu makna-makna setiap gerakannya. Tarian tandang mendet ini dimulai dari keluarnya penari pembawa tameng dan memainkan tameng dan pedang yang dibawanya ini merupakan panglima. Makna dari tarian ini adalah bahwa Bumi Sembahulun masih belum memiliki penduduk, ayunan pedang ka atas lurus mengandung makna menujuk ke arah Tuhan YME atau rasa syukur. Sedangkan ayunan pedang ke bawah mengandung makna bahwa manusia berasal dari tanah.

Kemudian keluarlah penari pembawa tulup serta pembawa t yang melambangkan begitu ketatnya pengawalan terhadap panglima dalam mempertahankan alam dan lingkungannya. Kemudian dilanjutkan dengan keluarnya para prajurit.

Kamu akan melihat semua penari akan menari bersama-sama atau gerakan tari secara kolektif. Gerakan segitiga dari pembawa tombak merupakan simbol tujuh pasang suami istri yang hidup pada waktu itu. Terdapat juga gerakan baris dua lurus berbanjar melambangkan keselamatan dunia dan akhirat. Baris satu lurus di depan dan baris satu lurus ke belakang melambangkan bahwa dari zaman dahulu hingga kapanpun Pulau Lombok tetap lurus, polos, dan jujur.

Kamu juga akan melihat gerakan kerucung yang melambangkan Gunung Rinjani sebagai sumber mata air sepulau Lombok dan simbol bahwa kehidupan manusia itu ada tiga alam yaitu alam kandung, alam dunia, dan alam akhirat. Terdapat juga gerakan silang yang melambangkan kesatuan dan persatuan prajurit dalam mempertahankan keamanan dan kemakmuran masyarakat.

Gerakan satu baris lurus memanjang melambangkan pulau Lombok merupakan bumi yang masyarakatnya polos, lurus, dan jujur dalam menjalankan syariat agama. Gerakan yang terakhir gerakan bundar melambangkan kesatuan persatuan semua pihak ,kedamaian ,kesabaran,satu tujuan,satu keyakinan yaitu percaya kepada tuhan yang maha esa.sedangkan gerakan pembawa tameng mengelilingi prajurit di saat barisan bundar maksudnya melambangkan kegigihan pimpinan dalam melindungi dan menganyomi masyarakatnya serta lingkungannya.

Dari gerakan tarian tandang mendet ini kamu pasti bisa belajar mengenai kehidupan.

By Zahratul Wahdati